:D

Terima Kasih Anda telah mau berkungjung ke blog saya. :)

Minggu, 27 Juni 2010

"LOW PROFILE" DENGAN AUDI A8

Jumat, 25 Juni 2010 | 04:44 WIB

Di banyak negara, Audi A8 memang belum seterkenal Mercedes Benz S-Class atau BMW Serie 7. Padahal, baik dalam kualitas, performa, keamanan, maupun kenyamanan, Audi A8 tidak kalah dibandingkan dengan dua merek mobil papan atas yang telah menjadi simbol status bagi kalangan superkaya.

Namun, kekurangterkenalan itu justru memberikan Audi A8 nilai tambah, terutama bagi orang-orang superkaya yang enggan tampil wah. Tepatnya, bagi orang-orang yang ingin menggunakan mobil yang memberikan mereka gaya dan cita rasa yang mereka perlukan, tanpa ingin menarik perhatian orang banyak, terutama kalangan yang kurang beruntung.

Dengan demikian, pemilik Audi A8 dapat menggunakan atau mengendarai mobil itu dengan gaya, tenang, nyaman, dan aman. Mengingat, pada saat menggunakan Audi A8, kalangan superkaya langsung mengenalinya, tidak demikian halnya dengan masyarakat umum.

Jika ingin dicarikan analoginya, itu seperti orang yang mengenakan jam tangan Omega, atau merek-merek lain di luar Rolex, yang berjalan di pusat perbelanjaan. Orang itu dapat berjalan dengan leluasa tanpa menarik perhatian umum, padahal jam tangan yang dikenakannya tidak kalah mahal dibandingkan dengan jam tangan Rolex. Mengingat hanya kalangan pencinta jam tanganlah yang mengenali merek-merek jam tangan mahal, di luar Rolex.

Untuk tahun 2010, Audi A8 dipasarkan dengan dua varian, yakni Audi A8 4.2 TDI Quattro SE Exec yang dijual dengan harga 95.050 poundsterling (sekitar Rp 1,283 miliar) dan Audi A8 4.2 FSI seharga 89.700 poundsterling (sekitar Rp 1,211 miliar).

Audi A8 4.2 TDI Quattro SE Exec menyandang mesin diesel berkapasitas 4.2 Liter (4.134 cc), 8 silinder dalam konfigurasi V (V8), diperkuat turbocharger, serta menghasilkan tenaga maksimum 348 PK pada 4.000 rpm dan torsi maksimum yang dahsyat sebesar 800 Nm pada 1.750-2.750 rpm. Sementara Audi A8 4.2 FSI menyandang mesin bensin berkapasitas 4.2 Liter (4.163 cc), V8, serta menghasilkan 370 PK pada 6.800 rpm dan torsi maksimum 442 Nm pada 4.000 rpm.

Tenaga dan torsi mesin itu disalurkan ke keempat roda melalui persneling otomatik dengan 8 tingkat kecepatan, yang dilengkapi dengan tiptronic, sehingga pengendara dimungkinkan untuk menaikkan atau menurunkan gigi persneling secara manual. Pergantian gigi persneling berlangsung sangat halus dan dapat dikendarai dengan mode normal (untuk penggunaan sehari-hari) atau mode sport (dipacu hingga ke batas kemampuannya).

Kecepatan maksimum kedua varian itu dibatasi pada kecepatan 250 kilometer per jam. Namun, A8 4.2 TDI sanggup berakselerasi dari 0-100 kilometer per jam dalam waktu 5,5 detik, sedangkan A8 4.2 FSI dalam waktu 5,7 detik.

Teknologi terkini telah membuat A8 baru lebih aman, lebih cepat, dan lebih kompeten. Bukan itu saja, A8 baru juga 19 persen lebih hemat dalam mengonsumsi bahan bakar ketimbang pendahulunya. Emisi CO-nya juga jauh lebih rendah. A8 4.2 TDI rata-rata menghabiskan 1 liter untuk menempuh perjalanan sejauh 13,09 kilometer, sedangkan A8 4.2 FSI sejauh 10,45 kilometer.

Pengendalian (handling) dan pengendaraan kedua varian itu sangat baik. Keduanya memiliki kualitas, keamanan, dan kenyamanan sedan-sedan papan atas, serta dilengkapi dengan sistem penggerak empat roda generasi terbaru. (JL)

http://cetak.kompas.com/read/xml/2010/06/25/04443464/LOW.PROFILE.DENGAN.AUDI.A8

Tidak ada komentar:

Posting Komentar